pemrograman dasar

Uji komptensi BAB 3


A. Pilihan ganda


1. Terdapat beberapa fungsi pada header iostream. Berikut yang bukan fungsi yang dapat mengikuti header isotream adalah

A. ends ()

B. endl ()

C. printf ()

D. cin

E. cout

Jawaban = C


2. Perintah return 0; memiliki fungsi untuk...

A. Menandai dimulainya kompiler akan mengeksekusi program

B. Menghentikan program dan mengembalikan nilai kepada main ()

C. Hal yang akan di eksekusi oleh compiler dan merupakan perintah yang akan di kerjakan

D. Memerintahkan kompiler untuk menyertakan file header

E. Membersihkan layar

Jawaban= B



3. Perintah cout pada kode program memiliki fungsi adalah

A. Merupakan tipe data variabel

B. Untuk menuliskan komentar pada kode program

C. Mendeklarasikan variabel

D. Memberikan perintah untuk menampilkan teks

E. Jenis header yang digunakan

Jawaban= C



4. Apabila sebuah kode program memiliki variabel a yang bernilai 10. Pada perintah cout dituliskan a*a, maka hasil tampilan nya adalah bilangan...

A. 10

B. 20

C. 100

D. 200

E. 300

Jawaban=  A


5.perhatikan kode program C++ di bawah ini.

#include <stdio.h>

Int main ()

{

Cout << "selamat datang" ;

Cout << "selamat pagi " ;

Return 0;

}

Header pada kode program di atas adalah..

A. #include <stdio.h>

B.int main ()

C. Cout <<"selamat datang";

D. Cout << "selamat pagi" ;

E. Return 0;

Jawaban = A



6. Fungsi sqrt (), pow (), sin (), cos (), tan () berada pada kategori header...

A. Stdio.h

B. Math.h

C. Conio.h

D. Iostream

E. Stdlib.h

Jawaban = D



7. Punctuator yang berupa braces atau yang disimbolkan {} digunakan untuk...

A. Mengakhiri sebuah pernyataan

B. Memberikan nilai terhadap sebuah variabel

C. Memulai dan mengakhiri sebuah kelompok pernyataan

D. Melakukan pengelompokan pada ekspresi yang ada di kode program

E. Memisahkan apabila terdapar beberapa variabel maupun parameter yang ditulis secara bersamaan

Jawaban= C




8. Berikut penulisan kode program yang benar adalah..


A. #include <conio>

Using namaspace std;

Int main ()

{

Int a=5;

  Cout << a << endl ;

Return 0 ; }


B. #Include <iostream>

    Using namespace std ;

    Int main

   {

 Int a= 5;

  Cout << a << endl;

  Return 0; }


C. #include <iostream>

    Using namespace std;

     Int main ()

     {

  Int a=5;

   Cout << a << endl ;

   Return 0 ; }


D. #include <iostream>

     Using namespace std ;

     Int main ()

     {

    Int  a = 5 ;

    Cout << b << endl ;

    Return 0 ; }


E. #include <iostream>

    Using namespace std;

    Int main ()

    {

Int a=5;

    Cout << a << endl ;

Return 0 ; }


Jawaban = E




B. Essay


1. Sebutkan jenis header pada C++

2. Apa yang di maksud dengan punctuator

3. Jelaskan fungsi punctuator pada tanda [] dan =!

4. Apa fungsi pernyataan return

5. Buatlah contoh kode program untuk menampilkan angka 1,2 dan 3


Jawaban


1. - <assert.h> : header yang digunakan untuk mendefinisikan makro

- <complex.h> : header yang digunakan untuk mendefinisikan fungsi aritmatika yang kompleks

- <string.h> : header yang digunakan untuk memproses data berupda string/karakter

- <ctype.h> : header yang digunakan untuk mengklarifikasi karakter


 - <iostream.h> (input-output stream): header yang digunakan untuk melakukan penginputan dan pencetakan, diperlukan padap rogram yang melibatkan objek cout. Perintah yang bisa digunakan: ci (untuk proses penginputan) dan cout (untuk proses output)


2. Punctuator merupakan salah satu bentuk tanda baca pada suatu pemograman


3. Tanda [] digunakan untuk menyebutkan informasi tambahan dan tanda =! Digunakan untuk mengakhiri kalimat


4. Fungsi return digunakan untuk menghentikan program dan mengembalikan nilai kepada main ()


5. #include<stdio.h>

#include<conio.h>

#include<iostream.h>

main()

{

int i,x;

for(i=0;i<10;i++){

x=i+1;

cout<<“angka “<<x;

cout<<endl;

}

getch();

}




Uji kompetensi Bab 4

Pemograman dasar


A. Pilihan ganda


1. Tipe data bilangan yaitu bilangan atau angka yang tidak mempunyai titik desimal atau pecahan disebut

A. Float

B. Integer

C. Double

D. Character

E. Boolean

Jawaban = B


2. Definisi dari tipe data double adalah..

A. Tipe data yang hanya memiliki nilai benar dan salah

B. Tipe data character adalah tipe data yang menggunakan semua huruf dalam alphabet

C. Tipe data yang menggunakan semua karakter

D. Tipe data bilangan pecahan presisi ganda

E. Tipe data yang memiliki jumlah sebanyak 16 bit

Jawaban = D


3. Perhatika tipe data berikut

 @

Tipe data diatas termasuk ke dalam tipe data

A. Integer

B. Boolean

C. Double

D. Void

E. Character

Jawaban= A



4. Berikut yang bukan merupakan aturan dalam penulisan variabel adalah..

A. Tidak boleh mengandung operator aritmatika dan operator relasional

B. Apabila menggunakan angka pada awalnya, maka sebelum angka disertakan garis bawah (_) terlebih dahulu

C. Penggunaan huruf besar dan huruf kecil tidak berpengaruh pada pemberian nama variabel

D. Tidak boleh mengandung operator aritmatika dan operator rasional

E. Nama variabel tidak boleh menggunakan spasi

Jawaban= B



5. Perhatikan beberapa variabel berikut


(1) 3siswa

(2) bahasa_pemograman

(3) bahasa_C++

(4) _5bahasa

(5) nilai35

Penulisan variabel di atas , yang memenuhi aturan adalah....

A. 1,2 dan 4

B. 1,2 dan 5

C. 1,2 dan 5

D. 2,3 dan 5

E. 2,4 dan 5

Jawaban= B


6. Jenis pengenal yang bersifat konstan atau tetap, dan memiliki nilai yang tidak dapat diubah di sebut...

A. Tipe data

B. Variabel

C. Konstanta

D. Operator

E. Ekspresi

Jawaban = C



7. Apabila terdapat dua buah operand  yang bernilai 1 dan 0 dan di berika operator or ( II) maka akan memiliki hasil...

A.10

B.11

C.0

D.1

E.0,1

Jawaban= C






B. Essay

1. Apakah definisi dari tipe data

2. Sebutkan dan jelaskan jenis jenis tipe data berikut ini


A. Integer b. Karakter c. Bool


3. Sebutkan pengertian dari variabel

4. Apa saja aturan penulisan variabel

5. Berikan satu contoh ekspresi aritmatika



Jawaban.



1. Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.


2. A. Integer yaitu tipe data atau angka asli, yang tidak memiliki titik desimal atau pecahan

    B.  Character/char sebuah tipe data yang berupa variabel berfungsi untuk menyimpan informasi sebuah single karakter, seperti huruf "p", tanda @ atau angka 7

   C. Boolean sebuah tipe data yang digunakan untuk mempresentasika 2 kondisi berupa : true or false, 1 atau 0, on dan off.



3.variabel adalah lokasi penyimpanan dan terkait nama simbolis yang berisi beberapa kuantitas yang diketahui atau tidak diketahui atau informasi, nilai.


4.

A. Nama variabel tidak boleh menggunakan spasi<int nilaimahasiswa=50>

B. Diawali dengan huruf atau garis bawah dan selanjutnya diikuti oleh huruf 1 garis bawah atau angka <int hasil=150;>

C. Tidak boleh diawali dengan angka bila nama variabel ingin menggunakan angka pada awalnya, maka sebelum angka di sertakan garis bawah (-) terlebih dahulu. <int nilai-siswa=50;>

D. Tidak boleh mengandung operator aritmatika (-,/,*,+) dan operator relasional (>,<,=,!)

E. Nama variabel juga tidak boleh mengandung tanda baca dan karakter² khusus, seperti contoh #,@,?,$

F. Penggunaan huruf besar dan huruf kecil berpengaruh pada pemberian nama variabel (case sensitive)

G. Tidak boleh menggunakan kata kuno (keyword) pada bahasa pemograman C++



5.  Contoh ekspresi aritmatika

T=5/9*(c+32

 Z= (2*x+y) / (5*w)

 Y= 5 ((a+b)/(c*d)+m(p+q))




Uji kompotensi Bab 5

Pemograman dasar



A. Pilihan ganda



1. Operasi yang digunakan untuk menjumlahkan 3 buah bilangan di sebut

A. Operasi aritmatika pengurangan

B. Operasi aritmatika penjumlahan

C. Operasi aritmatika perkalian

D. Operasi aritmatika modulo

Jawaban= B




2. Hasil dari operasi aritmatika penjumlahan 2 variabel adalah 20. Berikut ini adalah nilai dari masing² variabel kecuali...

A. 13 dan 7

B. 10 dan 10

C. 16 dan 5

D. 9 dan 11

E. 12 dan 8

Jawaban= A




3. Perhatikan operator berikut ini

%

Operator di atas termasuk ke dalam jenis operator ...

A. Logika

B. Bitwise

C. Perbandingan

D. Aritmatika

E. Relasional

Jawaban= E





4. Hasil dari kode program berikut adalah bilangan

#include <iostream>

Using namespace std;

Int main ()

Int x = 157, y=8

Int hasil;

Hasil x % y;

Cout <<hasil

Return 0;

}

A.1

B.2

C.3

D.4

E.5

Jawaban = A





5. Operator pada operasi logika yang bergungsi  membalikan nilai ditunjukan dengan tanda

A.&

B.|

C.!

D.^

E. $

Jawaban= C



6. Operasi logika yang hanya dapat menghasilkan nilai 1 apabila kedua operand bernilai 1 adalah operasi....

A. AND

B. NAND

C. OR

D. EXOR

E. NOT

Jawaban= A




7. Apabila terdapat 2 buah operand yang bernilai 1 dan di berikan operator OR (!), maka akan memiliki hasil....

A. 10

B. 11

C. 0

D. 1

E. 0,1

Jawaban= C




8. Perhatikan potongan kode program di bawah ini


Int main () {

Int x=20,int y=-5,int z=-2;

Int hasil ;

Hasil= x*y-z;

Cout <<hasil;



Hasil yang dimiliki oleh kode program di atas adalah....

A.97

B.98

C.99

D.100

E.101

Jawaban = B






B. Essay



1. Apa definisi dari operasi

2. Sebutkan jenis operasi aritmatika

3. Jelaskan hasil yang dimiliki dari operasi OR

4. Buatlah sebuah kode program untuk menghasilkan 3 buah bilangan

5. Berikan 1 contoh operasi logika AND !



jawaban



1.operator berupa simbol yang digunakan untuk menyusun suatu ekspresi dengan melibatkan satu atau beberapa operand


2. A. Operasi aritmatika penjumlahan

     B. Operasi aritmatika pengurangan

    C. Operasi aritmatika pembagian

    D. Operasi aritmatika modulo


3. Operator logika OR digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih ekspresi relasi untuk mendapatkan hasil rasional tunggal, Operator ||  dibaca sebagai OR, akan dianggap

1 (true) bila salah satu ekspresi relasi yang dibandingkan bernilai 1 (true),  (true) dan bila semua ekspresi relasi yang dibandingkan bernilai 0 (false) . Maka akan bernilai false.



4.navigasi

#include <iostream>

  Using namespace std;

  Int main ()

  If(bil1>=bil2&&bil1>=bil3){


    Max = bil1;


    }


  Else if (bil2>=bil3){


   Max = bil2


   }





  Else {


   Max = bil3;


   }



     Cout<<"bilangan terbesar adalah:"

  <<max;

 

      Return 0;

   }






5.



#include <iostream>


using namespace std;




int main ()


{


    bool a = 1, b = 0;




    cout<< (a && b) <<endl;


    return 0;


}

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

dasar desaign grafis